Home

Berita dalam Gambar

Click on the slide!

Information Resources and Information Ethics

Pada hari Jumat, 30 September 2011, perpustakaan Geologi UGM mengadakan sosialisasi Sumber Informasi dan Etika Informasi kepada para mahasiswa S2/S3 Jurusan Teknik Geologi UGM yang berasal dari jaringan AUN-Seed Net. Informasi yang disampaikan berkaitan dengan perpustakaan geologi UGM, perpustakaan seputar UGM, sumber informasi yang dapat digunakan selama pendidikan serta etika informasi. Diinformasikan kepada para mahasiswa, bahwa UGM melanggan berbagai database. Misalnya EBSCO, Proquest dan lain sebagainya. Database tersebut dapat diakses dari wilayah UGM di url perpustakaan UGM. Selain itu, diinformasikan juga kepada mahasiswa bahwa Perpustakaan Geologi UGM mengelola koleksi digital, mulai dari buku digital, slide kuliah, presentasi mahasiswa dan lain sebagainya. Koleksi ini dapat diakses intranet UGM. Pada akhir sesi juga disampaikan mengenai etika informasi. Diharapkan dengan memahami penggunaan inforamsi secara benar di lingkungan akademik, akan dapat menurunkan angka plagiasi yang mungkin terjadi. Mahasiswa juga dipersilakan untuk mendaftarkan diri ke PPTIK UGM (http://pptik.ugm.ac.id) untuk mendapatkan akun email dan web gratis. Akun email ini nantinya dapat digunakan untuk mengakses database yang dilanggan UGM dari luar UGM. Kegiatan ini juga akan dilaksanakan untuk mahasiswa pascasarjana Reguler dan MGP.  

More...
Perpustakaan Teknik Geologi UGM
Unggah Mandiri Karya Akhir Mahasiswa PDF Print E-mail
Written by admin   
Monday, 25 August 2014 01:33

Untuk memberikan kemudahan bagi mahasiswa dalam melakukan penyerahan karya tulis akhir

berupa tugas akhir, skripsi, thesis dan disertasi, maka perpustakaan Universitas Gadjah Mada

per Senin, 25 September 2014 meluncurkan aplikasi UNGGAH MANDIRI. Aplikasi Unggah mandiri

dapat diakses melalui:

https://unggah.etd.ugm.ac.id

Mahasiswa dapat melakukan unggah sendiri karya akhir mahasiswa untuk keperluan

persyaratan wisuda, selanjutnya petugas akan melakukan verifikasi.

Per 1 September 2015, semua mahasiswa Vokasi (D3) dan Sarjana (S1) yang akan

menyerahkan karya akhirnya WAJIB melakukannya melalui aplikasi UNGGAH MANDIRI.

Yogyakarta, 22 Agustus 2014
a.n. Manajemen Perpustakaan
Kabid. Layanan

Wahyu Supriyanto, SE., M.Si.

Last Updated on Monday, 25 August 2014 01:36
 
Tata Cara Penulisan File Karya Akhir PDF Print E-mail
Written by admin   
Tuesday, 12 November 2013 01:41

Mahasiswa S1 diharuskan menyampaikan CD Skripsi yang berisi file-file skripsi terpisah dalam format PDF dan penamaan seperti contoh di bawah ini.

 

Format:  [Tingkat Pendidikan]-[Tahun Lulus]-[Nomer  Induk Universitas (NIU)]-[kode bagian].pdf

Contoh:

  1. S1-2013-320333-title.pdf (penamaan untuk file halaman judul)
  2. S1-2013-320333-tableofcontent.pdf (penamaan untuk file halaman daftar isi)
  3. S1-2013-320333-abstract.pdf (penamaan untuk file abstrak/intisari)
  4. S1-2013-320333-chapter1.pdf (penamaan untuk file bab 1 pendahuluan)
  5. S1-2013-320333-chapter5.pdf (penamaan untuk file bab5 kesimpulan)
  6. S1-2013-320333-bibliography.pdf (penamaan untuk file daftar pustaka)
  7. S1-2013-320333-complete.pdf (penamaan untuk file naskah lengkap)

Semua file dalam format PDF Readable terutama untuk bagian abstract atau intisari. Semua file dimasukkan dalam satu FOLDER yang memiliki format nama sebagai berikut:

[tingkat pendidikan] – [NIU]  —- Contoh: S1-320333

Catatan:

Untuk SKRIPSI  yang jumlah bab kurang atau lebih dari lima bab, maka penamaan file menyesuaikan nomor bab yang ada.


Pedoman Penulisan Nama File

THESIS & DISERTASI dalam format PDF

===============================================

Mahasiswa S2/S3 diharuskan menyampaikan CD Thesis/Disertasi  yang berisi file-file terpisah  thesis/disertasi dalam format PDF  dan penamaan seperti contoh di bawah ini.

THESIS

 

Format:  [Tingkat Pendidikan]-[Tahun Lulus]-[Nomer  Induk Universitas (NIU)]-[kode bagian].pdf

Contoh:

  1. S2-2013-334455-title.pdf (penamaan untuk file judul)
  2. S2-2013-334455-tableofcontent.pdf (penamaan untuk file daftar isi)
  3. S2-2013-334455-abstract.pdf (penamaan untuk file abstrak/intisari)
  4. S2-2013-334455-chapter1.pdf (penamaan untuk file bab 1 pendahuluan)
  5. S2-2013-334455-chapter5.pdf (penamaan untuk file bab 5 kesimpulan)
  6. S2-2013-334455-bibliography.pdf (penamaan untuk file daftar pustaka)
  7. S2-2013-334455-complete.pdf (penamaan untuk file naskah lengkap)
  8. S2-2013-334455-publication.pdf (penamaan untuk file naskah publikasi)
  9. S2-2013-334455-summary.pdf (penamaan untuk file summary)

DISERTASI

 

Format:  [Tingkat Pendidikan]-[Tahun Lulus]-[Nomer  Induk Universitas (NIU)]-[kode bagian].pdf

Contoh:

  1. S3-2013-554433-title.pdf (penamaan untuk file judul)
  2. S3-2013-554433-tableofcontent.pdf (penamaan untuk file daftar isi)
  3. S3-2013-554433-abstract.pdf (penamaan untuk file abstrak/intisari)
  4. S3-2013-554433-chapter1.pdf (penamaan untuk file bab 1 pendahuluan)
  5. S3-2013-554433-chapter5.pdf (penamaan untuk file bab5 kesimpulan)
  6. S3-2013-554433-bibliography.pdf (penamaan untuk file daftar pustaka)
  7. S3-2013-554433-complete.pdf (penamaan untuk file naskah lengkap)
  8. S3-2013-554433-summary_id.pdf (penamaan untuk file ringkasan)
  9. S3-2013-554433-summary_en.pdf (penamaan untuk file summary – berbahasa inggris)

 

Semua file dalam format PDF Readable terutama untuk bagian abstract atau intisari. Semua file dimasukkan dalam satu FOLDER yang memiliki format nama sebagai berikut: [tingkat pendidikan] – [NIU]  —- Contoh: S3-554433

Catatan:

Untuk Thesis/Disertasi yang jumlah bab kurang atau lebih dari lima bab, maka penamaan file menyesuaikan nomor bab yang ada.


Pedoman Penulisan Nama File

TUGAS AKHIR dalam format PDF

===============================================

Mahasiswa Sekolah Vokasi diharuskan menyampaikan CD Karya Akhir  yang berisi file-file terpisah  karya akhir dalam format PDF  dan penamaan seperti contoh di bawah ini.

Format:  [Tingkat Pendidikan]-[Tahun Lulus]-[Nomer  Induk Universitas (NIU)]-[kode bagian].pdf

Tingkat Pendidikan dapat diisi D3 atau D4 tergantung jenjang dalam sekolah vokasi.

Lihat Contoh:

  1. D3-2013-320333-title.pdf (penamaan untuk file judul)
  2. D3-2013-320333-tableofcontent.pdf (penamaan untuk file daftar isi)
  3. D3-2013-320333-abstract.pdf (penamaan untuk file abstrak/intisari)
  4. D3-2013-320333-chapter1.pdf (penamaan untuk file bab 1 pendahuluan)
  5. D3-2013-320333-chapter5.pdf (penamaan untuk file bab5 kesimpulan)
  6. D3-2013-320333-bibliography.pdf (penamaan untuk file daftar pustaka)
  7. D3-2013-320333-complete.pdf (penamaan untuk file naskah lengkap)

 

Semua file dalam format PDF Readable terutama untuk bagian abstract atau intisari. Semua file dimasukkan dalam satu FOLDER yang memiliki format nama sebagai berikut:

[tingkat pendidikan] – [NIU]  —- Contoh: D3-320333

Catatan:

Untuk Tugas Akhir yang bab kurang atau lebih dari lima bab, maka penamaan file menyesuaikan nomor bab yang ada.

 

SEMUA NASKAH LENGKAP, PUBLIKASI DAN SUMMARY WAJIB DISERTAI DENGAN BOOKMARK

Sumber: Perpustakaan UGM

 
Orasi Ilmiah Pemilihan Lomba Pustakawan Berprestasi PDF Print E-mail
Written by admin   
Friday, 01 March 2013 06:51

Perpustakaan UGM pada 19-27 Februari 2013 menyelenggarakan kegiatan orasi ilmiah lomba pustakawan berprestasi. Penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi para finalis untuk meraih prestasi setinggi-tingginya sehingga mengangkat citra pustakawan sejajar dengan profesi lain. Pustakawan memulai dengan pengumpulan fortofolio peserta, presentasi tupoksi, tes kognitif, presentasi orasi ilmiah di depan para juri dan akhirnya pada tahap wawancara dipilih 5 orang yang sekaligus merupakan finalis.
Kelima finalis itu menyampaikan orasinya, pemakalah pertama menyampaikan judul “Implementasi Citra Pustakawan UGM Mendukung World Class University” oleh Uminurida Suciati, M.Si. Kemudian pemakalah yang ke-2 dengan judul “Kepuasan Pemustaka sebagai Orientasi Keberhasilan Pustakawan dalam Mendukung Cita–cita UGM” disampaikan oleh Andi Purwanto, A.Md. Pemakalah ke-3 menyampaikan orasi ilmiahnya “Kiprah Pustakawan dan Perpustakaan : Mengukir Prestasi Membangkitkan Prestasi” disampaikan oleh Sarwono, M.Si. Pemakalah ke-4 menyampaikan “Pemberdayaan Konten Lokal sebagai Karya Anak Bangsa untuk Mewujudkan Falsafah UGM yang Berkepribadian Pancasila Mengakar Kuat ke Bawah dan Menjulang ke Atas” oleh Aprilia Widyastuti, SIP. Pemakalah ke-5 menyajikan “Menggagas Ruang ke-3” disampaikan oleh Ali Minanto, M.Si. Dari 19 peserta yang mengikuti lomba adalah pustakawan, ada yang sudah lama bekerja dan sudah langka. Salah satu syarat pustakawan yang mengikuti dari fakultas adalah seorang PNS yang sudah diangkat dan diberi tugas dan wewenang oleh atasan pada unit perpustakaan yang memiliki kompentensi perpustakaan.
Pemilihan pustakawan berprestasi terbaik se-UGM tahun ini diharapkan dapat dijadikan wadah untuk meningkatkan kompentensi pustakawan. Dengan keikutsertaan pustakawan dalam lomba ini dapat memotivasi pustakawan untuk selalu berkompentensi secara sehat sehingga dapat meningkatkan dan memperbesar kepustakawannya sehingga hasil penilaian tinggi rendah prestasi pustakawan akan merupakan tolak ukur dari suatu keberhasilan pembinaan pustakawan UGM. Melalui penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi para pustakawan untuk meraih cita–cita setinggi– tingginya sehingga dapat meningkatkan citra pustakawan UGM yang mengakar kuat menjulang tinggi sejajar dengan profesi yang lain.

Sumber: perpustakaan ugm


 

 
Sekilas Informasi PDF Print E-mail
Written by admin   
Wednesday, 24 April 2013 04:11

Sumber Daya Informasi!

1. Tawaran akses ke portal E-Brary untuk para dosen di Fakultas Teknik UGM. isi dari portal ini dapat dilihat di http://elibraryusa.state.gov/resource.html.

Bagi dosen yang tertarik dapat mengisi formulir yang tersedia di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM.

2. Akses secara gratis selam April dari TANDFOnline dihh http://explore.tandfonline.com/content/est/free-access-april.php

3. UGM telah melanggan Database ScienceDirect-Elsevier (s.d Maret 2014). Berbagai jurnal terkait

Fakultas Teknik ada di dalamnya (terutama yang daftarnya disampaikan di perpustakaan FT dan telah dicek, meliputi daftar dari: Teknik Geologi, Teknik Kimia, Teknik    Elektro dan Teknik Arsitek.

4. Beberapa jurnal terkait ilmu teknik juga tersedia pada SpringerLik http://link.springer.com/ (berakhir Maret 2013 dan ada perpanjangan). Beberapa yang tersedia di SL: Mineralium Deposita, The Urban Reviw, Ocean Science Journal, LNCS Transactions on Rough Sets.

Kegiatan!

1. Perpustakaan FT UGM menerima siswa magang dari SMA Budi Mulia Dua Yogyakarta selama 4 hari, senin-kamis 15-18 April 2013

2. Staf perpustakaan mengumpulkan artikel jurnal dari database TandFOnline (yang sedang membuka free access) untuk dijadikan repository internal

 
Pengumuman Proposal Hibah Bersaing Tenaga Kependidikan Tahun 2012 PDF Print E-mail
Written by admin   
Thursday, 13 September 2012 03:18

Jurusan Teknik Geologi UGM kembali menyelenggarakan proposal hibah bersaing tenaga kependidikan tahun 2012. Kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kreatifitas para staff tenaga kependidikan dan tahun 2012 ini adalah merupakan tahun ke-2 diselenggarakannya kegiatan tersebut. Setiap tahun dana yang disediakan oleh pihak Jurusan Teknik Geologi semakin bertambah sehingga diharapkan dapat semakin memotivasi para staff tenaga kependidikan untuk terus meningkatkan kratifitas dalam menunjang kegiatan bekerja.

Berdasarkan hasil review oleh 2 orang yang ditunjuk oleh jurusan, bersama ini kami sampaikan pemenang hibah bersaing tenaga kependidikan tahun 2012:

  1. A. Juniar Firdiansyah, dengan judul “Membangun Sistem Informasi Manajeman Arsip Digital Berbasis Web Untuk Meningkatkan Layanan Akademik Pada Jurusan Teknik Geologi UGM”
  2. Cahya Budiyana, dengan judul “Efisiensi Penggunaan Energi Listrik di Jurusan Teknik Geologi Dengan menengganti lampu TL Dengan Lamupu Hemat Energi”
  3. Juwahir, dengan judul “Tamanisasi 2012 di Jurusan Teknik Geologi UGM”
  4. Danang DW, dengan judul “Penyusunan Diktat Praktikum Kimia Dasar dan Petunjuk Teknis manajemen Laboratorium Kimia Sebagai Dasar Pengelolaan Laboratorium yang baik”

Bagi para pemenang, kontrak kerja pelaksanaan hibah akan segera dibuat oleh jurusan dan pencairan dana serta pelaksanaan kerja dimulai bulan September 2012.

 
<< Start < Prev 1 2 3 4 Next > End >>

Page 1 of 4